Kamis, 06 Juni 2013

Oleh-oleh dari Sukabumi


         Sukabumi termasuk ke dalam wilayah administrasi Provinsi Jawa Barat, Republik Indonesia. Wilayah ini berada di sebelah Barat dari ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung. Dari Bandung ke Sukabumi dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.
          Masyarakat Sukabumi mayoritas beretnis Sunda dengan menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Sunda. Bahasa Sunda digunakan sebagai bahasa pengantar sehari-hari dalam pergaulan. Sukabumi seperti daerah lainnya di Indonesia memiliki khasanah kebudayaan yang relatif banyak misalnya dalam kesenian ada kesenian Kacapi Suling, Lisung Ngamuk, dan sebagainya. Di wilayah ini pun ada batik khas Sukabumi yang disebut Batik Kasukabumian, selain itu, Sukabumi terkenal dengan salah satu pantainya, pantai Pelabuhan Ratu. Di Kabupaten Sukabumi pun terdapat masyarakat adat seperti masyarakat adat Sirnaresmi, Cisungsang, Cipta Mulya, dan sebagainya.    
          Ketika berjalan-jalan ke Sukabumi ditemui beberapa home industri seperti home industri pembuatan moci; makanan khas Sukabumi yang terbuat dari tepung tapioka dan gula. Home industri pembuatan dan penjualan batik, dan perajin handicraft; pembuatan berbagai cenderamata dan peralatan rumah dari paralon.
          Produksi Batik Kasukabumian belum begitu lama, artinya para perajin batik di Sukabumi muncul sekitar tahun 2000-an. Begitu juga jumlah perajinnya belum begitu banyak, sedangkan harga kain yang dipasarkan di showroom-showroom harganya berkisar Rp 100.000,- sampai Rp. 1.000.000,-
 
Motif-motif Batik Kasukabumian
          Handicraft adalah istilah bagi perajin berbagai cenderamata dan peralatan rumah tangga yang dibuat dari bahan paralon yang dibakar. Konon kerajianan ini di Kabupaten Sukabumi baru satu yaitu di Ilham Art Handicraft. Sebagai perajin satu-satunya yang bergerak dalam kerajinan dari bahan paralon yang dibakar, Ilham, sering menjadi pembicara baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Ia sering bolak balik ke Yogjakarta, Kalimantan, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa daerah yang ingin diminta agar dapat memberikan pendidikan dan latihan dalam pembuatan kerajinan dari paralon ini. Namun tawaran tersebut belum ada yang dikabulkan. (Diambil dari berbagai sumber).
 
Home Industri Perajin Handicraft

 Beberapa Hasil Kerajinan Handicraft

Tidak ada komentar:

Posting Komentar